Selasa, 06 Desember 2016

10 cara mengatasi wasir agar bisa melahirkan secara normal

10 cara mengatasi wasir agar bisa melahirkan secara normal

Sumber : Bidan Andalan

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi wasir agar Anda dapat melahirkan secara normal tanpa adanya gangguan yang berarti. 10 diantaranya yaitu:

1. Menghindari sembelit

Usahakan ibu hamil tidak mengalami sembelit pada saat kehamilan. Sering mengalami sembelit akan membuat pembuluh darah menjadi meregang karena ibu berusaha memaksa feses untuk keluar. Untuk itu, cobalah untuk meminum segelas air hangat dipagi hari jika ibu mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB).

2. Mengurangi tekanan pada anus

Memilih posisi yang tepat saat tidur akan mengurangi tekanan pada daerah anus sehingga membuat aliran darah pada anus menjadi lancar. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan pada daerah anus adalah dengan cara tidur miring kiri atau meletakan posisi kaki lebih tinggi dari kepala. Selain untuk mengurangi penekanan pada anus, posisi tidur dengan posisi kaki lebih tinggi akan membuat aliran darah dari kaki menjadi lancar sehingga mencegah terjadinya bengkak pada daerah kaki.

3. Hindari penggunaan sepatu dan sandal High heels

Selain untuk mengurangi resiko ibu hamil terjatuh, tidak menggunakan haigh heels selama kehamilan juga baik untuk melancarkan alirah darah dari kaki ke seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar akan mengurangi resiko terjadinya wasir.

4. Perbanyak minum air

Ibu hamil wajib minum air minimal 2 liter perhari. Dengan meminum banyak air maka ibu akan terhindar dari sembelit. Feses akan menjadi lunak dan ibu tidak mengalami kesulitan saat berusaha untuk buang air besar. Selain untuk mengatasi wasir, minum air putih yang banyak juga terbukti memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

5. Tidak menahan untuk buang air besar (BAB)

Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah menahan buang air besar. Tahukah Anda bahwa menahan buang air besar akan mengakibatkan feses menjadi keras sehingga akan menyebabkan sulit buang air besar.

6. Konsumsi buah dan sayur

Buah-buahan dan sayur mengandung tinggi serat, sehingga baik untuk memperlancar pencernaan ibu hamil. Zat besi yang dikonsumsi ibu selama kehamilan mungkin akan membuat feses menjadi lebih keras dan ibu kesulitan saat buang air besar. Untuk itu atasi dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran agar buang air besar menjadi lancar dan terhindar dari wasir.

7. Gunakan es batu untuk mengurangi nyeri

Jika ibu hamil mengalami rasa nyeri pada daerah anus yang mengalami wasir maka cobalah untuk menggunakan es batu. Es batu yang dibungkus dan ditempelkan pada daerah pembuluh darah yang melebar (anus), akan mampu menghilangkan rasa nyeri yang disebabkan oleh wasir. Dan apabila dilakukan secara rutin akan mampu mengatasi wasir yang dialami.

8. Berendam dengan air hangat

Mungkin cara ini sangat efektif dilakukan oleh penderita wasir. Air hangat memiliki manfaat besar untuk mencairkan gumpalan darah yang beku dan mengurangi pembengkakan. Lakukan kebiasaan untuk berendam air hangat selama 10 menit secara rutin setiap hari.

9. Mengunyah makanan dengan baik

Mengunyah makanan dengan baik yaitu sekitar 30 kali kunyah, akan membantu usus dalam mencerna makanan, sehingga ibu tidak mengalami sembelit dan wasir. Selain itu dengan mengunyah makanan sebanyak 30 kali maka usus akan mampu menyerap dengan baik zat-zat yang terkandung dalam makanan.

10. Melakukan pengobatan alamiah

Salah satu cara alamiah yang bisa dicoba ibu hamil adalah dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Lidah buaya dikenal sebagai anti radang, untuk itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara ini. Oleskan sedikit lendir yang dikeluarkan oleh lidah buaya ke daerah anus secara rutin. Sensasi dingin yang ditimbulkan akan membuat wasir tidak terasa perih lagi. 


 Demikian pengetahuan tentang melahirkan secara normal bagi penderita wasir. Untuk menghindari berbagai keluhan yang mungkin dialami selama masa kehamilan, diwajibkan bagi ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memicu gangguan kesehatan. Tambahkan buah dan sayur pada setiap menu makanan harian Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Popular Posts

Categories

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.